Posts

Senarai / Link List

Image
Daftar bertaut atau kadang-kadang disebut dengan senarai bertaut atau senarai berantai dalam ilmu komputer merupakan sebuah struktur data yang digunakan untuk menyimpan sejumlah objek data biasanya secara terurut sehingga memungkinkan penambahan, perulangan, dan pencarian atas elemen data yang tersimpan dalam daftar dilakukan secara lebih efektif.

Membuat Konstruktor di Java

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan pembuatan kontruktor. Kontruktor harus menggunakan nama yang sama dengan class, termasuk huruf besar dan kecilnya. Dalam satu class bisa terdapat lebih dari satu konstruktor. Konstruktor akan dieksekusi setiap kali ada pembuatan objek. Setiap class harus mempunyai paling tidak sebuah konstruktor. Jika sudah mendeklarasikan konstruktor, maka konstruktor default tidak akan dibuat oleh kompiler Java.

Menambah Metode dalam Class di Java

Bukan hanya data yang dapat dibuat dalam class , tetapi juga program. Metode yang ditambahkan dalam class dapat juga difungsikan sebagai alat penghitung, seperti contoh dibawah ini kita akan memodifikasi coding yang ada dipengenalan Class :

Pengenalan Class Di Java

Image
Sebetulnya, setiap awal membuat program java, Anda selalu memanfaatkan sebuah class dalam setiap programnya. Class tersebut merupakan class utama yang digunakan untuk memulai program. Namun, untuk memahami konsep OOP lebih mudah, dirasa perlu untuk menggunakan lebih dari satu class pada setiap program.

Operator dalam Java

Dalam postingan saya kali ini akan memperkenalkan Operator - operator yang ada di Java. Langsung saja kita bahas. Java memiliki 44 operator, yang terbagi dalam 4 jenis dasar, yaitu operator aritmetik, bitwise, relasi, dan logika.

Segitiga 3D dengan Library LWJGL di JAVA

Image
Buatlah project baru ( File > New Project > Java > Java Application ) beri nama misal Segitiga3D, Centang kosongkan Create Main Kelas ( Jangan membuat dulu Main Class) > Finish... Sebelum memulai coding, tambahkan dahulu Library pada project yang telah kita buat  ( Klik Kanan [Nama Project] > Properties > Libraries ), pada tab Compile , klik Add Library , cari library LWJGL .

Library LWJGL di JAVA

Image
Disini kita akan  belajar teknologi 3D di Java yang memakai Library LWJGL . LWJGL (Lightweight Java Game Library) adalah sebuah library untuk graphics 3D di atas plathform Java yang berdasarkan pada OpenGL .