Library LWJGL di JAVA

Disini kita akan  belajar teknologi 3D di Java yang memakai Library LWJGL. LWJGL (Lightweight Java Game Library) adalah sebuah library untuk graphics 3D di atas plathform Java yang berdasarkan pada OpenGL.

Untuk mengembangkan aplikasi dengan library ini pertama harus install dan setting dulu library LWJGL. Disini saya akan menjelaskan cara instalasi memakai Netbeans IDE. Kalau ingin melihat tutorial lengkap buat setting LWJGL bisa langsung ke halaman website LWJGL.

Sekarang kita langsung saja ke cara pemasangan library java :

  1. Download dulu 3 Library JWGL ini.

  2. lwjgl-source-2.8.2.zip
    lwjgl-2.8.2.zip
    lwjgl-docs-2.8.2.zip

  3. Kalau sudah selesai di download, buat folder di drive C:/ atau dimana saja yang penting mudah diingat, kemudian ekstrak 2 file yang tadi di download ke dalamnya, sehingga struktur foldernya menjadi seperti pada gambar berikut :


  4. Selanjutnya buka Netbeans IDE dan setting Library lewat menu Tools > Libraries

  5. Pada jendela Libraries Manager, buat Class Library baru, misal dengan nama LWJGL.

  6. Setelah library kosong terbentuk, pada Tab Classpath, klik tombol Add JAR/Folder... dan cari pada folder jar hasil ekstrak tadi. Misalkan kalau hasil ekstrak tadi berada di C:\LWJGL\lwjgl-2.8.2\lwjgl-2.8.2\jar. Kalau sudah ketemu file jar nya, tambahkan file jinput.jar, lwjgl.jar, dan lwjgl_util.jar.

  7. Kemudian pada tab Source, klik Add JAR/Folder dan cari pada folder hasil ekstrak di C:\LWJGL\lwjgl-source-2.8.2\src tambahkan Folder generated dan java.

  8. Langkah terakhir pada Tab Javadoc, klik Add ZIP/Folder dan tambahkan file lwjgl-docs-2.8.2.zip cari di folder C:/LWJGL/, jika semua sudah ditambahkan. Klik Ok.

Sekarang tinggal berkreasi dengan Library LWJGL.

Untuk sekedar mencoba library LWJGL anda bisa lihat di posting berikut :
Segitiga 3D dengan Library LWJGL di JAVA

Comments

Popular posts from this blog

Model Warna YIQ

Tipe File dan Macam - Macam File