Model Warna RGB (Red, Green, Blue)


Pemodelan RGB diajukan berdasarkan kenyataan bahwa besarnya persentasi dari keseluruhan spectrum warna yang visible (dapat dilihat oleh manusia) dapat dibentuk atau direpresentasikan dengan pencampuran (mengkomposisikan) warna merah (red), hijau (green), dan biru (blue) dengan
skala pencahayaan dalam berbagai proposisi dan intensitas. Sehingga warna yang saling tumpang tindih (overlap) akan membentuk warna cyan, magenta, kuning dan putih.
Karena warna RGB merupakan kombinasi untuk menghasilkan warna putih, maka warna RGB sering disebut sebagai warna additive. Karena menambahkan (adding) seluruh warna secara bersamaan menghasilkan warna putih. Kita tahu warna putih merupakan warna ketika seluruh gelombang cahaya yang mungkin ditransimisikan tertransmisikan kembali seluruhnya kepada mata. Warna additive sering digunakan untuk pencahayaan, video, dan monitor. Sebagai contoh pada monitor, warna yang terbentuk dihasilkan dari emisi cahaya dari red, green, dan blue dari phosphor.

Maka ruangan akan berubah warna masing-masing menjadi kuning, atau magenta atau cyan. Warna – warna yang dibentuk oleh kombinasi dua macam cahaya disebut warna sekunder.


Warna Tersier adalah warna yang hanya dapat terlihat apabila ada 3 cahaya primer, jadi apabila kita non-aktifkan salah satu cahaya, maka benda tersebut berubah warna. Contoh warna tersier seperti abu-abu putih. Pada perhitungan dalam program-program komputer model warna direpresentasikan dengan nilai komponennya, seperti dalam RGB (r, g, b) masing-masing nilai antara 0 hinggal 255 sesuai dengan urusan masing-masing yaitu pertama Red, kedua Green, dan ketiga Blue dengan demikian masing-masing komponen ada 256 tingkat. Apabila dikombinasikan maka ada 256 x 256 x 256 atau 16.777.216 kombinasi warna RGB yang dapat dibentuk.

Dalam mendesign web warna RGB kerapkali direpresentasikan dengan Hex Triplet atau kombinasi 2 pasang bilangan hexadecimal, seperti #FF5D25 artinya Red = FF atau 15 * 16 + 15 = 255, Green = 5D atau 5 * 16 + 13 = 93 dan Blue = 25 atau 2 * 16 + 5 = 37. Jadi RGB (255, 93, 37)

Comments

Popular posts from this blog