Model Warna HSV (Hue Saturation Value)


Model warna HSV mendefinisikan warna dalam terminology Hue, Saturation dan Value. Definisi untuk Hue dan Saturation sama dengan definisi pada model HSL, sedangkan
untuk value memiliki arti kecerahan dari warna yang ada variasi dengan warna saturation. Nilainya berkisar antara 0 sampai 100%. Apabila nilainya 0 maka warnanya akan menjadi hitam dan apabila nilainya dinaikkan maka kecerahan akan menaik dan akan muncul variasi-variasi baru dari warna tersebut. Model warna ini dibuat berdasarkan system warna Ostwald (1931).
Variasi dari roda HSV digunakan untuk memilih warna yang diinginkan. Hue diwakili oleh lingkaran/keliling dalam roda. Sumbu horizontal menunjukan saturation dan sumbu vertical menunjukan value. Untuk mengambil suatu warna tertentu kita perlu menentukan dahulu hue dan kemudian kita baru memilih nilai saturation dan untuk brightness kita bisa memilihnya dari nilai value.
Keuntungan dari model HSV & HSL ini adalah terdapat warna – warna sama dengan warna yang biasanya ditangkap oleh indra manusia. Sedangkan warna – warna yang dibentuk pada model lainnya merupakan hasil campuran dari warna – warna primer / dasar untuk membentuk warna lain.

Comments

Popular posts from this blog

Model Warna YIQ

Tipe File dan Macam - Macam File